Pelatihan Sistem Informasi Manajemen Aset Muhammadiyah

Pelatihan Sistem Informasi Manajemen Aset Muhammadiyah

Pelatihan_Training_sistem_informasi_manajemen_aset_muhammadiyahPelatihan_Training_sistem_informasi_manajemen_aset_muhammadiyah1

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 2 November 2019 di SMK Muhammadiyah Bligo. Diadakan oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah.  Diikuti oleh perwakilan dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah se – Karesidenan Pekalongan. Kegiatan ini dilaksanakan mengingat jumlah aset yang dimiliki oleh Muhammadiyah sangatlah banyak dan tersebar di berbagai penjuru Indonesia. Aset tersebut menjadi kekayaan Muhammadiyah yang diharapkan dapat digunakan untuk mensejahterakan umat.
Dalam melakukan proses inventarisasi, Muhammadiyah masih kurang efisien yang dilakukan secara manual melalui pencatatan buku kemudian direkap dalam spreadsheet (Excel). Hal ini sangatlah rawan terhadap human error. Selain itu, adanya perubahan aset yang pada suatu lokasi akan sulit diketahui karena perlu menunggu laporan Excel.
Majelis Wakaf dan Kehartabendaan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Yogyakarta berinisiatif mengembangkan suatu sistem informasi yang digunakan dalam pengelolan aset Muhammadiyah. Sistem Informasi Manajemen Aset Muhammadiyah (SIMAM) merupakan aplikasi yang digunakan untuk membantu proses pengelolaan aset Muhammadiyah. Data yang terhimpun dalam SIMAM diharapkan dapat menjadi suatu informasi mengenai aset Muhammadiyah yang dapat digunakan secara profesional, efektif, dan mengedepankan aspek-aspek ekonomis agar pengeluaran biaya dapat tepat sasaran, tepat penggunaan, dan tepat penerapan.
Sistem Informasi Manajemen Aset Muhammadiyah dikembangkan berbasis web sehingga dapat diakses secara online dimanapun, dan kapanpun. Dibekali dengan menu yang sederhana dan mudah dipahami, SIMAM dapat mengelola aset Muhammadiyah mulai dari tanah, bangunan, ruang, barang, dan kendaraan. Pada halaman beranda SIMAM tersajikan tabulasi dan grafik dari rangkuman data aset yang diinputkan serta terdapat pula peta untuk menampilan posisi letak aset di setiap daerah. Akses terhadap SIMAM terbatas hanya untuk yang memiliki akun yaitu pimpinan pusat, pimpinan wilayah, pimpinan daerah, dan amal usaha. Untuk itu, diharapkan seluruh komponen organisasi Muhammadiyah bersedia untuk bersama-sama melakukan pengelolaan aset melalui SIMAM untuk kesejahteraan umat dan semoga SIMAM ini bermanfaat bagi kemajuan Persyrikatan Muhammadiyah.